45 Murid Kelas VIII SMPN 1 Sumenep Ikuti ANBK Selama 2 Hari

Kepala SMPN 1 Sumenep Syaiful Rahman, S.Pd., M.M.Pd (foto: sinpo)
Bagikan:

Wartasentral.com, Sumenep – SMPN 1 Sumenep Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melaksanakan kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2024, selama dua hari.

Sedikitnya, 45 siswa-siswi kelas VIII dipilih dengan sistem acak, untuk ikut dalam pelaksanaan ANBK, mulai hari Rabu hingga Kamis.

Pelaksanaan itu, dijelaskan Kepala SMPN 1 Sumenep Syaiful Rahman, S.Pd., M.M.Pd, di ruang kerjanya, Rabu (11/9/2024).

Ia mengutarakan, hari rabu hingga besok hari Kamis, yakni selama dua hari sebanyak 45 siswa dipilih secara acak, sedang mengikuti ANBK di sekolah dan diawasi Guru dari luar sekolah.

“ Asesmen Nasional Berbasis Komputer ini, diikuti oleh siswa-siswi kelas VIII yang berlangsung selama dua hari berturut-turut,” terangnya.

Hari pertama, urai Syaiful, meliputi Literasi dan Survei Karakter, sedangkan hari kedua diisi dengan Nomerasi dan Survei Lingkungan Belajar.

Menurutnya, ANBK merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudrustek), yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan.

“ Melalui asesmen ini, Kemendikbudristek memotret kualitas pendidikan di seluruh satuan pendidikan di Indonesia, mencakup input, proses, dan output pembelajaran,” paparnya.

Syaiful Rahman yang diketahui adalah alumni dari SMPN 1 Sumenep tahun 1987 menambahkan, kegiatan ANBK itu, ia harapkan dapat memberikan gambaran nyata, mengenai kemampuan siswa serta kondisi lingkungan belajar di sekolah.

“Kami berharap, asesmen ini tidak hanya mengukur kemampuan akademik siswa, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan bagi seluruh anak didik kami,” harapnya.

Ia memaparkan, Asesmen Kurikulum Merdeka sendiri, merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam suatu pembelajaran, di Kurikulum Merdeka. (Sinpo)

Tinggalkan Balasan