Ragam  

Tiga OPD Pemkot Depok Sabet Penghargaan IMF

Tiga Kepala OPD Pemkot Depok menerima penghargaan dari IMF (foto: ist)
Bagikan:

Wartasentral.com, Bandung – Tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, berhasil meraih penghargaan Public Services Of The Year Jabar Banten 2024, dalam ajang Indonesia Marketing Festival (IMF), di The Trans Luxury Hotel, Bandung, Selasa (20/8/2024).

Peraih penghargaan Public Services Award tersebut diantaranya, Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok.

Kepala Bappeda Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, kebanggaan bagi jajarannya, mendapatkan apresiasi yang menjadi ajang branding dan networking terbesar bagi para marketer dan pelaku industri di Indonesia.

“Khususnya di Jawa Barat (Jabar) dan Banten, atas raihan yang dicapai oleh tiga Perangkat Daerah Kota Depok ini,” tukasnya.

Ia mengatakan, suatu kehormatan baginya mendapatkan penghargaan dari lembaga non government yang kapabel.

“Dan ini adalah bahan motivasi, terutama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintah,” tegasnya.

Penghargaan tersebut, diserahkan langsung Founder & Chairman MCorp Hermawan Kartajaya, kepada masing-masing kepala perangkat daerah.

Dadang menuturkan, marketing memang identik dengan pemasaran produk dalam dunia usaha, namun di luar itu ternyata marketing juga memiliki peran yang penting di sektor pemerintahan.

Lantaran itu, lanjutnya, Pemkot Depok khususnya Bappeda berencana mengadopsi konsep bisnis tersebut, terutama dalam memasarkan produk-produk pemerintahan.

Di tahap awal, terangnya, ia coba merubah paradigma sosialisasi dan penyuluhan ke paradigma marketing.

“Kami saat ini, mulai coba menggali konsepsi marketing di dalam pemerintahan, Bappeda sendiri banyak diskusi kajian tentang marketing pemerintahan,” jelasnya.

Langkah itu, ucapnya, sebagai komitmen dalam menyesuaikan praktik pemerintahan yang harus adaptif terhadap perkembangan zaman, terutama di era digital.

Sebagai informasi, Indonesia Marketing Festival (IMF) sendiri, merupakan ajang penghargaan tahunan yang sudah berlangsung selama 12 tahun.

Dengan mengusung tema Pilot Marketing Flying In Turbulence pada 2024 ini, IMF melakukan roadshow di tujuh kota besar, yakni Yogyakarta, Pekanbaru, Palembang, Manado, Denpasar, Bandung dan Surabaya. (Key)

Tinggalkan Balasan